5 Cara Perusahaan Membuat Karyawan Bahagia

Karyawan yang bahagia adalah yang paling produktif. Kami pernah mendengar mereka mengatakan ini seribu kali. Dalam struktur bisnis apapun, kebahagiaan sangat mendasar dalam menjaga kelancaran operasi. Kebahagiaan harus menjadi inti budaya perusahaan Anda. Letakkan minat karyawan Anda terlebih dahulu, dan Anda akan terkejut bagaimana mereka akan mengurus Anda dan bisnis.

Selama bertahun-tahun, kebahagiaan pelanggan selalu menjadi prioritas bisnis. Pelanggan selalu datang pertama untuk sebagian besar untuk itu kita cenderung lupa untuk mengurus front liner yang membuat semuanya mungkin di tempat pertama.

Memberikan pengalaman pelanggan yang hebat seharusnya tidak menjadi perjalanan sepihak. Ini harus menguntungkan kedua ujungnya. Seharusnya tidak hanya menghasilkan lebih banyak uang, tapi seharusnya memberi Anda dan staf Anda rasa pemenuhan karena mengetahui bahwa Anda mampu memberikan harapan atau harapan. Staf Anda harus merasakan kebanggaan saat melihat pelanggan senang dengan merek Anda dan tidak berada di sana hanya untuk gaji.

Karyawan yang bahagia tidak merasa berkewajiban untuk melakukan pekerjaan mereka; itu datang secara alami bagi mereka untuk melakukan pekerjaan yang baik dan menjaga pelanggan puas. Itu membuat usaha mereka lebih bermakna dan mereka memiliki perspektif yang berbeda mengenai peran mereka. Pekerjaan mereka tidak hanya sekedar sumber pendapatan tapi akan melihatnya sebagai gairah. Mereka akan mulai menikmati apa yang mereka lakukan dan mereka cenderung merasa terbebani atau stres bahkan selama musim puncak.

Mengenali Peran Karyawan Anda dalam Memberikan Kepuasan Pelanggan

Banyak karyawan meninggalkan pekerjaan mereka ketika mereka merasa sulit untuk memahami peran yang mereka mainkan di perusahaan.

Untuk perusahaan startup, bos bisa lebih agresif karena mereka ingin menyimpan grafik mengenai penjualan dan retensi pelanggan. Anda harus ingat bahwa kesalahan tidak bisa dihindari. Terkadang, para manajer bisa terlalu menuntut staf mereka sehingga mereka lupa mengenali usaha mereka namun cepat memicunya dalam menunjukkan kesalahan mereka.

Perasaan sederhana menjadi ‘tersesat’ atau ‘bingung’ bisa berubah menjadi bola stres. Ini akan lebih berbahaya daripada bagus tidak hanya untuk pelanggan tapi juga untuk keseluruhan perusahaan. Setiap orang harus merasa penting dan bisa mengenali bagaimana mereka saling berkontribusi terhadap kebahagiaan masing-masing.

Jadi, bagaimana Anda bisa mengubah karyawan yang tidak produktif menjadi profesional bintang rock yang bahagia dan terus menggelinding untuk perusahaan Anda? Berikut adalah 5 cara untuk melakukannya :

1.SELALU UCAPKAN ‘TERIMA KASIH’

Terlepas dari seberapa besar atau kecilnya kontribusinya, selalu ucapkan terima kasih atas bantuan staf Anda. Masih lebih baik memiliki dua pasang tangan daripada satu jika Anda ingin menyelesaikan lebih banyak hal. Tidak perlu pengumuman balai kota besar. Bahkan obrolan cepat di Slack atau tepukan di punggung dan senyuman akan membuat orang merasa diinginkan.

2.SINGKIRKAN HAMBATAN KOMUNIKASI

Salah satu hal yang menghalangi perusahaan untuk bergerak maju adalah hambatan komunikasi . Komunikasi adalah kuncinya. Komunikasi yang buruk tidak hanya akan menciptakan budaya kerja yang tidak menyenangkan, tapi juga bisa memperlambat produktivitas. Pastikan Anda mengidentifikasi hambatan utama dalam komunikasi perusahaan Anda dan temukan solusi dengan segera.

3.JADIKAN KARYAWAN ANDA TERLIBAT

Ya, Anda adalah pengambil keputusan tapi karyawan Anda yang akan melakukan pekerjaan kaki untuk Anda. Jangan ragu untuk meminta saran atau pendapat mereka. Anda akan terkejut bagaimana Anda bisa menemukan perspektif baru dan gagasan kreatif dari karyawan Anda.

4.CIPTAKAN SUASANA YANG PRODUKTIF

Jika menurut Anda tata letak fisik kantor tidak mempengaruhi produktivitas orang Anda, pikirkan lagi. Ruang yang penuh sesak dan berantakan mungkin benar-benar memancarkan getaran negatif. Pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk orang-orang Anda untuk bekerja. Tambahkan sedikit hijau juga karena ini bisa membantu menciptakan suasana santai. Carilah tanaman yang bisa hidup di dalam rumah.

5.JADILAH PEMIMPIN YANG BAIK

Seorang pemimpin berbeda dari seorang manajer. Pemimpin “baik” adalah orang yang menetapkan harapan yang jelas kepada pegawainya. Tentukan apa yang harus dilakukan, kapan hal itu harus dilakukan, dan ke mana kelanjutannya setelah mereka menyelesaikan tanggung jawab mereka. Berikan arahan dan dukungan suara kepada tim.

Ambil tanggung jawab dan bertanggung jawab atas kesalahan tim. Ya, itu adalah anggota yang melakukan kesalahan tapi mereka hanya mengikuti perintah – pesanan Anda. Seorang pemimpin yang baik mengambil satu untuk tim dan tidak mendorong seseorang dari kapal hanya untuk menjaga tangan mereka tetap bersih.

Tags

top