7 Cara Membangun Kerja Sama Tim

 

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi apapun akan selalu diharapkan terciptanya tim kerja dengan kerjasama yang kompak dan solid. Tak hanya efektif, kerjasama tim yang kompak dan solid juga akan menciptakan suatu pertumbuhan positif di dalam organisasi.

Tujuan Yang Jelas

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan tujuan secara spesifik, untuk apa tim tersebut dibentuk? Atau misalnya pada divisi penjualan, berapa target penjualannya? Siapa yang di tagetkan? Dengan begitu mereka secara jelas dapat mengkomunikasikan strategi-strategi yang akan dilakukan antar anggotanya.

Jika didalam suatu tim tidak terdapat tujuan yang jelas, bagaimana mereka akan menjalankan tugasnya, bagaimana mereka akan mengkomunikasikan strategi-strateginya. Bisa jadi mereka akan menggunakan keegoisannya untuk menjalankan tugasnya karena tidak memiliki tujuan yang jelas. Tujuan bagaikan pedoman, jadi jangan biarkan tim anda buta akan pedoman yang jelas.

 TEAM BUILDING

Dari latihan hingga acara perusahaan yang difasilitasi secara profesional , program pengembangan tim yang menggabungkan permainan dengan pekerjaan memudahkan kerja sama tim yang paling efektif. Dengan ikatan yang kuat, tim lebih produktif – kepercayaan bukan lagi masalah besar.

Enam puluh lima persen tim kerja virtual melaporkan bahwa mereka tidak pernah memiliki sesi pembentukan tim. Namun, penelitian menunjukkan bahwa tim virtual yang telah berpartisipasi dalam latihan membangun tim virtual mendapat nilai lebih tinggi dalam kepemimpinan, pengambilan keputusan dan kinerja tim.

top