Cara Meningkatkan Kerjasama Antar Karyawan

Agar sebuah perusahaan berjalan lancar dan memenuhi tujuannya, penting untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang mendukung kolaborasi antar rekan kerja. Sayangnya bagi kebanyakan perusahaan, ini tidak terjadi secara alami, dan karena itu Anda harus berusaha dan mengambil langkah untuk membantu membangun dan mempertahankan lingkungan kerja yang kooperatif.

Ada banyak kegiatan dan langkah yang dapat dilakukan oleh pimpinan bersama dengan karyawan untuk membantu meningkatkan hubungan kolaboratif.

KERJA TIM HARUS MENJADI BAGIAN DARI BUDAYA ANDA.

kerja sama tim sukses agar rekan kerja berhasil berkolaborasi, kepemimpinan di dalam perusahaan harus bekerja untuk membuat kolaborasi menjadi salah satu nilai utama perusahaan. Karyawan harus melihat bahwa kepemimpinan di dalam perusahaan bekerja sama sebagai tim untuk mencapai tujuan. Juga, kepemimpinan perusahaan harus memberi penghargaan kepada tim publik saat Amereka berhasil bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka.

Untuk benar-benar meningkatkan kolaborasi, para pemimpin harus menyediakan lingkungan di mana karyawan tidak takut untuk membagikan gagasan mereka. Pemimpin harus menciptakan budaya dimana pertukaran gagasan didorong dan dihargai. Kerja tim dan kolaborasi harus menjadi tema sentral dari pernyataan misi untuk meningkatkan kolaborasi.

BERIKAN  TIM SUMBER DAYA YANG MEREKA BUTUHKAN UNTUK BEKERJA SAMA.

Untuk melakukan perbaikan dengan komunikasi, perusahaan harus menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk tim. Ini termasuk ruang kerja yang nyaman dimana tim bisa bekerja sama. Jika tim tersebar di antara lokasi yang berbeda, maka perusahaan harus menyediakan sumber daya yang memungkinkan tim bekerja sama dari jarak jauh seperti konferensi video.

Akhirnya, perusahaan tersebut harus menyediakan portal kolaborasi online untuk karyawannya, untuk digunakan untuk komunikasi. Ada banyak alat online, seperti Slack, yang memungkinkan karyawan berkomunikasi dengan mudah di berbagai departemen. Memiliki alat untuk berkomunikasi antar departemen dengan mudah adalah instrumen penting yang diperlukan untuk meningkatkan kolaborasi.

MELATIH KARYAWAN DAN MENDORONG PEMBELAJARAN BERKELANJUTAN.

Bekerja sebagai anggota tim kolaboratif bukanlah keterampilan yang setiap orang terlahir. Namun, ini adalah keterampilan yang bisa dipelajari, oleh karena itu sangat penting bahwa perusahaan tersebut menghabiskan uang untuk berinvestasi dalam keterampilan kerja sama karyawan. Ada kursus membangun tim yang fantastis di luar sana agar karyawan Anda hadir. Selain itu, ada beberapa keterampilan khusus yang harus dipelajari karyawan untuk menjadi kolaborator yang efektif.

Salah satu keterampilan ini adalah kemampuan berkomunikasi dengan rekan kerja secara efektif. Ada lokakarya praktis yang dapat dilakukan karyawan untuk belajar bagaimana berkomunikasi dengan lebih baik melalui berbicara di depan umum. Mempelajari keterampilan berbicara di depan umum akan meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan mereka untuk mengartikulasikan poin, sekaligus mempersatukan mereka jika kursus selesai sebagai sebuah kelompok.

DORONG ORANG UNTUK BERSOSIALISASI DI LUAR PEKERJAAN.

Ketika karyawan berada di kantor, mereka berfokus pada tugas yang ada, yang berarti hanya ada sedikit waktu bagi rekan kerja untuk terikat pada tingkat pribadi. Sangat penting untuk melatih tim untuk saling mengenal satu sama lain di luar kantor. Acara tidak harus menjadi biaya yang signifikan; Bisa pergi ke bioskop, makan siang santai atau pergi minum setelah bekerja. Berpartisipasi dalam acara sosial akan membantu memecah hambatan di kantor dan akan membantu meningkatkan kolaborasi, karena rekan kerja akan membangun kepercayaan dan merasa lebih nyaman berkolaborasi bersama.

MENGKLARIFIKASI PERAN DAN MENETAPKAN HARAPAN.

Perusahaan akan menemukan ketika semua karyawan berada pada halaman yang sama, bekerja sama dengan cepat akan menjadi proses yang mulus dan alami. Memastikan bahwa setiap karyawan memahami, tidak hanya perannya, tapi peran orang-orang di sekitar mereka akan membantu setiap orang memahami gambaran besarnya dan bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan teka-teki yang lebih besar.

Hal ini juga penting bahwa kepemimpinan menetapkan harapan yang jelas bagi tim sehingga saat karyawan bekerja sama, setiap orang jelas mengenai tujuan atau sasaran apa yang perlu dicapai.

TINJAU BAKAT INDIVIDU.

Perusahaan harus melihat setiap keterampilan karyawan dan menempatkannya dalam lingkungan di mana mereka dapat menambahkan nilai paling banyak. Saat membentuk tim, agar mereka bisa berkolaborasi secara efektif, seseorang harus mengidentifikasi kekuatan masing-masing individu dan menempatkannya pada rekan kerja yang akan melengkapi kekuatan itu. Bila masing-masing anggota tim adalah yang terbaik dari peran mereka di dalam tim, Anda akan melihat hasilnya menghasilkan melebihi harapan Anda.

SELESAIKAN KONFLIK TIM DENGAN CEPAT.

Tidak ada tim yang akan sempurna, dan sangat penting bagi perusahaan untuk mengenali ini dan memiliki sistem untuk menangani konflik yang muncul. Sistem harus mengizinkan karyawan untuk berbagi keprihatinan mereka tanpa akibat. Selain itu, karyawan harus diberi masukan tentang penyelesaian konflik yang dibuat oleh perusahaan. Karyawan yang mengetahui ada sistem yang ada dan merasa nyaman mengetahui perselisihan akan ditangani secara adil akan dapat kembali ke tim secara sehat dan kolaboratif.

JANGAN BIARKAN KOMUNIKASI YANG BURUK MENGAMBIL ALIH TEMPAT KERJA, DAN MENERAPKAN TIPS DI ATAS UNTUK MEMASTIKAN KERJASAMA ADALAH ATURAN YANG BARU.

Tags

top